TOSHIBA NVMe XG5 64-Layer BiCS

Sebelum kita bahas, pertama apasih SSD itu? SSD (Solid State Drive atau Solid State Disk) adalah perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi, seperti halnya USB Flash Drive, SSD pun tidak memiliki komponen yang bergerak didalamnya.

Toshiba menampilkan laptop terbarunya yang bekerja dengan NVMe XG 5 pada Dell World, NVMe XG 5 dirancang untuk sistem arus utama ke performa tinggi.
NVMe XG 5 menggunakan 4 jalur interface PCI-Express 3.0 dan protokol NVMe 1.2 yang digabungkan dengan Toshiba 64-Layer BiCS Flash yang baru (TLC NAND 3D disusun menegak) merupakan sebuah prestasi yang lebih tinggi dengan tahap ketahanan yang sama dengan memori MLC Flash sekarang.
Dengan menggunakan 4 jalur interface PCI-Express 3.0, Toshiba XG 5 ini mencapai hingga

  • 3000 MBps performa READ secara berurutan dari 3 bit per cell (TLC) NAND 3D. 
  • 2100 MBps performa WRITE secara berurutan dari 3 bit per cell (TLC) NAND 3D.
Perihal konsumsi daya dari Toshiba XG 5 ini adalah sebagai berikut :
  • Dalam keadaan "READ" akan mengonsumsi daya kurang dari 4.6
  • Dalam keadaan "WRITE" akan mengonsumsi daya yang lebih sedikit daripada dalam keadaan "READ" karna bisa turun menjadi 3W
  • Dalam keadaan "IDLE" akan mengonsumsi daya hanya berkisar 3mW
SSD ini akan dipasarkan dengan kapasitas 256GB, 512 GB dan 1 TB. SSD ini sesuai untuk aplikasi perniagaan yang memerlukan performa tinggi dan keamanan karena memiliki SED (Self-Encrypting Drive) dan mendukung TCG Opal Versi 2.01.

Peningkatan bit output akan mengurangi masalah pasokan dan berimbas pada peyesuaian harga SSD saat ini. Mengenai harga dari Toshiba NVMe G5 ini masih belum diketahui karena dari pihak Toshiba sendiri masih dalam penyelesaian kualifikasi yang memakan waktu. 

Komentar